Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Kelas/Semester : VIII/ 2
Materi
Pokok : Fungsi dan Relasi
Sub
Materi : Memahami ciri-ciri fungsi
Alokasi
Waktu : 2
jam @ 45 menit
A. Kompetensi Inti
KI.
3 :
Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
KI.
4 : Mencoba,
mengolah dan mengkaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
|
Menunjukan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsive, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
|
2.
|
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
|
3.
|
Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis
bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan
dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
|
4.
|
Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan
membuat generalisasi (kesimpulan).
|
5.
|
Menggunakan pola dan generalisasi untuk
menyelesaikan masalah.
|
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
No.
|
Indikator
Pencapaian
|
1.
|
Mendefinisikan
kembali pengertian relasi dan fungsi.
|
2.
|
Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan merupakan
fungsi.
|
3.
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi
dan fungsi.
|
4.
|
Menentukan domain, kodomain, dan range dari suatu fungsi.
|
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi fungsi dan relasi dengan Teori Piaget peserta didik mampu:
1. Mendefinisikan kembali pengertian relasi dan fungsi.
2. Membedakan
relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan merupakan fungsi.
3. Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi.
4. Menentukan
domain, kodomain, dan range dari suatu fungsi.
E. Materi Pembelajaran
Untuk
materi fungsi dan relasi dipelajari dalam satu kali pertemuan melalui pemberian
pembelajaran sebagai berikut :
1.
Penyajian awal materi berupa memahami ciri-ciri fungsi.
2.
Kegiatan utama berupa diskusi kelompok
yang diakhiri dengan menyatakan fungsi dalam
berbagai bentuk relasi, pasangan terurut, dan rumus fungsi.
3.
Menyelesaikan soal-soal yang
berkaitan dengan fungsi dan relasi.
F. Model, metode, Teori, dan pendekatan
pembelajaran
Metode : Demonstrasi
Model : Kooperatif
Learning
Pendekatan
Pembelajaran : Scientifik
G. Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Peserta
didik dikondisikan untuk siap menerima pelajaran secara spiritual, fisik
psikis, dan lingkungan.
![]() ![]() ![]() ![]() ![]()
2. Apersepsi
![]()
3. Motivasi
![]() ![]() |
10 Menit
|
Inti
|
1. Peserta
didik menyimak materi fungsi dan relasi dengan serius.
2. Peserta
didik yang sudah dibentuk kelompok diberi instruksi untuk mengerjakan tugas
dam dikerjakan oleh anggota kelompok. Setiap anggotas harus data menjelaskan
tugas yang sudah diberikan dan dalam kelompok tersebut anggota didalamnya
harus paham dan mengerti mengenai materi tersebut.
3. Peserta
didik dapat memecahkan masalah dan mampu menjawab instruksi dari gurunya.
4. Peserta
didik pada masing-masing kelompoknya harus mempresentasikan hasil diskusinya
dan anggota kelompok lain harus memperhatikan.
5. Peserta
didik diberikan kuis / pertanyaan kepada seluruh siswa, dan pada saat
menjawab kuistidak boleh saling membantu.
|
75 Menit
|
Penutup
|
1. Peserta
didik dan guru menyimpulkan isi pembelajaran yaitu tentang materi fungsi dan
relasi yang telah dijelaskan sebelumnya.
2. Peserta
didik melakukan refleksi dengan dipandu oleh guru.
3. Peserta
didik diberi tugas pekerjaan rumah dari buku paket yang ada.
4. Guru
menyampaikan materi yang akan diberikan untuk pertemuan berikutnya.
|
5 Menit
|
H. Media, alat dan sumber belajar
Media : 1. Laptop
2.
Papan tulis
3.
Buku ajar
Alat : 1. Spidol
2.
Proyektor
Sumber Belajar : 1. Buku LKS
2. Buku Bahan Ajar yang telah dibuat
I. Penilaian
1.
Sikap
Spiritual
a.
Tehnik penilaian : Observasi
b.
Bentuk instrument : Lembar observasi
c.
Kisi-kisi
No.
|
Sikap/Nilai
|
Butir Instrument
|
1.
|
Menyadari besarnya kekuasaan Tuhan sehingga
makhluk hidup bergerak.
|
1
|
2.
|
Menyadari bahwa ilmu pengetahuan digunakan utuk
memudahkan manusia.
|
2
|
3.
|
Bersyukur atas kebesaran Tuhan dengan adanya alat
gerak.
|
3
|
4.
|
Bersikap berani dalam melakukan hal yang benar.
|
4
|
Instumen
: Penilaian Sikap Spiritual
No.
|
Menyadari besarnya kekuasaan Tuhan sehingga
makhluk hidup bergerak.
|
Menyadari bahwa ilmu pengetahuan digunakan utuk
memudahkan manusia.
|
Bersyukur atas kebesaran Tuhan dengan adanya alat
gerak.
|
Bersikap berani dalam melakukan hal yang benar.
|
Total Skor
|
||||||||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Sikap
Sosial
1.
Tehnik penilaian : Observasi
2.
Bentuk instrument : Lembar observasi
3.
Kisi-kisi
No.
|
Sikap/Nilai
|
Butir Instrument
|
1.
|
Rasa Ingin Tahu
|
1
|
2.
|
Percaya Diri
|
2
|
3.
|
Ketertarikan kegunaan matematika pada kehidupan
|
3
|
Instrument : Penilaian Sikap Social
Lembar
penialain antar teman dalam kerja kelompok.
Nilailah
setiap anggota kelompokmu! Berilah nilai 10 bila sangat baik atau nilai 0 bila sangan
jelek! Selanjutnya jumlahkan hasil penilaianmu untuk memperoleh nilai
masing-masing anggota dalam kelompok.
No.
|
Nama Siswa
|
No. Presetasi
|
Hal yang dinilai
|
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
hal yang dinilai :
No.
|
Hal yang dinilai
|
1.
|
Mendengarkan pendapat teman lainnya.
|
2.
|
Mengajukan usul atau memberikan pendapat.
|
3.
|
Menyelesaikan tugas dengan baik.
|
4.
|
Membantu teman lain yang membutuhkan.
|
5.
|
Tetap berad dalam tugas.
|
6.
|
Antusias dalam mengidentifikasi penggunaan
matematikaa dalam kehiduan sehari-hari
|
3.
Pengetahuan
1.
Tehnik penilaian : Observasi
2.
Bentuk instrument : Lembar observasi
3.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir Instrument
|
1.
|
Mendefinisikan
kembali pengertian relasi dan fungsi.
|
|
2.
|
Membedakan relasi yang
merupakan fungsi dan yang bukan merupakan fungsi.
|
|
3.
|
Menyelesaikan masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi.
|
|
4.
|
Menentukan domain,
kodomain, dan range dari suatu fungsi.
|
|
Instrument :
Penilaian Pengetahuan
Nilai Akhir = 

4.
Keterampilan
1.
Tehnik penilaian : Observasi
2.
Bentuk instrument : Lembar observasi
3.
Kisi-kisi
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrument
|
1.
|
Menyatakan fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan terurut,
dan rumus fungsi.
|
|
2.
|
Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata
dengan menggunakan tabel, grafik dan diagram.
|
|
Instrument : Penilaian Keterampilan
Kriteria :
A = Total Skor 

B = Total Skor 

C = Total Skor 

D = Total Skor 

Tidak ada komentar:
Posting Komentar