Rabu, 29 Maret 2017

RPP Himpunan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan       :
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas / Semester           : VII (Satu) / 1
Materi Pokok                : Himpunan
Alokasi Waktu              : 1 x 40 Menit

A.           Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Peserta didik dapat menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Peserta didik dapat menjelaskan dan menyatakan  himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan,  menggunakan  masalah kontekstual.
4.      Peserta didik dapat menyelesaikan masalah kontekstual  yang  berkaitan  dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan.
5.      Peserta didik dapat menjelaskan dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan  masalah kontekstual.
6.      Peserta didik dapat Menyelesaikan masalah kontekstual  yang berkaitan dengan operasi biner pada himpunan

B.            Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1.1         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1.1        Berdoa sebelum dan sesudah belajar.
1.1.2        Memberi salam.
1.1.3        Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
1.1.4        Serius dalam mengikuti pembelajaran
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
2.1         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
2.1.1        Tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah Himpunan.
2.1.2        Berusaha menemukan cara-cara baru pada saat menyelesaikan masalah Himpunan (kreatif).
2.1.3        Suka bertanya pada guru atau teman lain selama proses pembelajaran (rasa ingin tahu)
2.1.4        Aktif dalam kerja kelompok (gotong royong)
2.1.5        Menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan (tanggung jawab)
2.1.6        Menyelesaikan permasalahan/ tugas dengan prosedur dan proses runtut dan benar (teliti)
2.1.7        Mengumpulkan tugas tepat waktu (disiplin)
2.1.8        Tidak mencontek dalam Ulangan Harian (jujur)
3.4         Menjelaskan dan menyatakan  himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan,  menggunakan  masalah kontekstual

Menyelesaikan masalah kontekstual  yang  berkaitan  dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan
3.4.1      Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan.
3.4.2      Menyatakan notasi himpunan.
3.4.3      Mengenal himpunan kosong dan nol serta notasinya.
3.4.4      Mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya.
3.4.5      Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan.
4.4.1        Menyelesaikan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.
3.5         Menjelaskan dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan  masalah kontekstual


3.5.1        Menjelaskan pengertian irisan,  gabungan, dan kurang (selisih) dari dua himpunan
3.5.2        Menentukan irisan,  gabungan dan kurang (selisih)  dua himpunan
3.5.3  Menjelaskan pengertian komplemen dari suatu himpunan
3.5.4        Menentukan komplemen dari suatu himpunan
3.5.5 Menyajikan gabungan, irisan dua himpunan dan selisih dengan diagram Venn
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
4.4         Menyelesaikan masalah kontekstual  yang berkaitan dengan operasi biner pada himpunan
4.5.1        Menyelesaikan masalah dengan menggunakan diagram venn konsep himpunan

C.           Materi Pembelajaran
Himpunan
Sub-Bab : Jenis-jenis Himpunan

D.           Metode Pembelajaran
Pendekatan        : Scientific
Metode               : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
E.            Media Pembelajaran
Benda-benda di sekitar siswa
Alat peraga

F.            Sumber Belajar
Buku Guru
Buku Siswa Kelas VII SMP/MTs.

G.           Kegiatan Pembelajaran
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Pendahuluan

1. Guru menyampaikan salam.
2. Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3. Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik tentang materi keanggotaan suatu himpunan dengan mengamati foto yang ada di sekitar kita. Contoh : pertanyaan : “sebutkan anggota himpunan yang ada pada foto berikut”.
Description: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR1J58G8KpO8Lh17WwUxdNPIdcTMKFnQu-sMXlU5yt0M916QOMe
Description: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQWfxCMNzhMZlprktBecKT9cqIq8KnWxebQXwbRj-kXU5E4qkn3
 




      Himpunan A              Himpunan B

4. Guru memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi Jenis-jenis himpunan  sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya.
5. Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi.
6. Guru menyampaikan cakupan materi yaitu macam-macam himpunan, menentukan jenis himpunan  untuk menyelasaikan masalah nyata.
7. Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang terdiri dari 4–5 siswa.
5 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
Peserta didik mengamati Masalah 2.7 dan Alternatif Pemecahan Masalahnya pada Buku Siswa halaman 131–132.
20 menit

Menanya
Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan yang memuat kata-kata     “elemen” dan “himpunan yang sama”.


Mengumpulkan informasi
Peserta didik secara berpasangan menyelesaikan LAS 1 nomor 1, 2 dan 3 (Lampiran 5).


Mengasosiasi/ Menalar
Peserta didik menyimpulkan pengertian irisan dua himpunan.


Mengkomunikasikan
1. Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi / pekerjaannya.
2. Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi : bertanya, mengkon-firmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
3. Guru member umpan balik atau konfirmasi.


Mengamati
Peserta didik mengamati Masalah 2.8 dan Alternatif Pemecahan Masalahnya pada Buku Siswa halaman 134–135.


Menanya
Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan yang memuat kata-kata      “bagian” dan “himpunan yang sama”.


Mengumpulkan informasi
Peserta didik secara berpasangan menyelesaikan LAS 1 nomor  4 (Lampiran 5).


Mengasosiasi/ Menalar
Peserta didik menemukan penerapan permasalahan  irisan dua himpunan dalam kehidupan sehari-hari.


Mengkomunikasikan
1. Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi / pekerjaannya.
2. Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
3. Guru member umpan balik atau konfirmasi.

Kegiatan Penutup

1.  Peserta didik bersama-sama dengan guru merefleksi kegiatan yang telah dilakukan.
2.  Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai pengertian irisan dua himpunan , menentukan anggota irisan dua himpunan.
3.  Guru memberikan PR hal. 100 no. 2 dan 3.pada KLKS.
4.  Guru menyampaikan materi berikutnya tentang Operasi Himpunan.
5 menit

H.              INSTRUMEN PENILAIAN
1.      Banyaknya himpunan bagian dari himpunan  adalah …
A.    2                            B. 3
B.     4                            D. 5

2.      Diketahui :
               
Pernyataan yang benar adalah …
A.    Himpunan A bagian dari himpunan B
B.     Himpunan A bagian dari himpunan C
C.     Himpunan B bagian dari himpunan C
D.    Himpunan C bagian dari himpunan A

3.      Diantara pasangan himpunan berikut yang merupakan himpunan yang saling lepas adalah…
A.     dan 
B.      dan 
C.      dan
D.     dan
4.      Himpunan berikut yang merupakan himpunan kosong adalah …
A.    Himpunan nama bulan yang jumlah harinya lebih dari 30 hari
B.     Himpunan nama arah mata angin yang berawalan huruf J
C.     Himpunan siswa SMP yang berumur lebih dari 12 tahun
D.    Himpunan bilangan genap lebih dari 1

5.      Jika dan  maka …
A.     ekuivalen , tetapi  ekuivalen
B.      ekuivalen , tetapi  tidak ekuivalen
C.      ekuivalen
D.    Tidak ada kaitan antara  dan





Mengetahui
Kepala Sekolah SMP N 2 PALIMANAN                                  Guru Mata Pelajaran




H.Sulistyo Suradi, S.Pd                                                             Indri Febriyanti, S.Pd
NIP. 19600921 198203 1 004                                                     NIP.







                                                                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar