Kurikulum 2013 (K-13) merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaanya pada tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi sekolah percobaan.
Pada tahun 2014, Kurikulum 2013 sudah diterapkan di Kelas I, II, IV, dan V sedangkan untuk SMP Kelas VII dan VIII dan SMA Kelas X dan XI. Diharapkan, pada tahun 2015 telah diterapkan di seluruh jenjang pendidikan.
Kurikulum 2013 memiliki tiga aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku. Di dalam Kurikulum 2013, terutama di dalam materi pembelajaran terdapat materi yang dirampingkan dan materi yang ditambahkan. Materi yang dirampingkan terlihat ada di materi Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, dsb., sedangkan materi yang ditambahkan adalah materi Matematika.
Kelas :
IV. MATEMATIKA
Satuan
Pendidikan :
Kelas :
Kompetensi Inti :
KI.3
|
:
|
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1
Menerapkan operasi aljabar
yang melibatkan bilangan rasional
|
Operasi Aljabar
·
Mengenal
Bentuk Aljabar
·
Memahami
pengurangan dan penjumlahan bentuk aljabar
·
Memahami
perkalian bentu aljabar
·
Memahami
pembagian bentuk aljabar
·
Memahami Cara Menyederhanakan Bentuk
Aljabar
|
Mengamati
§ Mencermati
bentuk aljabar dalam masalah sehari- hari atau situasi yang berkaitan dengan
penggunaan konsep
§ Mencermati
penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang disajikan
§ Mencermati
cara pengalian bentuk aljabar dengan cara bersusun
§ Mencermati
masalah mengenai pembagian bentuk aljabar
§ Mencermati
cara menyederhanakan bentuk aljabar
Menanya
§ Menanya
tentang berbagai bentuk aljabar dari
masalah sehari-hari. Misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah
sehari-hari ke bentuk aljabar, bagaimana mengubah masalah atau bahasa
sehari-hari ke dalam bentuk aljabar, atau apakah simbol (variabel) yang boleh
digunakan hanya x dan y?
§ Menanya
tentang proses penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar serta bentuk
aljabar yang bagaimana yang bisa dijumlahkan atau dikurangkan
§ Menanya
tentang pengalian bentuk aljabar dan apakah setiap bentuk aljabar bisa
dikalikan
§ Menanya
tentang pembagian bentuk aljabar. Misal: Bagaimana jika pada pembagian bentuk
aljabar sisanya tidak nol atau apakah setiap bentuk aljabar bisa dibagi
dengan bentuk aljabar yang lain
§ Menanya
tentang cara-cara penyederhanaan bentuk aljabar. Misal: bagaimana
menyederhanakan bentuk aljabr yang lebih rumit atau bagaimana kita bisa tahu
langkah demi langkah pada penyederhanaan bentuk aljabar
Mengumpulkan
informasi
§ Menggali
informasi tentang masalah sehari-hari yang dapat dinyatakan melalui kalimat
verbal, gambar atau diagram, dan selanjutnya dalam bentuk atau ekspresi
aljabar
§ Menggali
informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bentuk atau
ekspresi aljabar tertentu
§ Menggali
informasi tentang klasifikasi bentuk aljabar berdasarkan suku, variabel,
koefisien, dan konstata
§ Menggali
informasi tentang penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Informasi yang
digali adalah tentang suku sejenis dan contoh-contoh penjumlahan dan
pengurangan bentuk aljabar
§ Menggali
informasi tentang perkalian dan faktor tentang faktor dari bentuk aljabar.
Digali juga mengenai sifat komutatif, asosiatif, dan distributif pada
penjumlahan dan perkalian bentuk aljabar
§ Menggali
informasi tentang dan pembagian bentuk aljabar. Misal: Pembagian bentuk
aljabar hasil bagianya tidak selalu bersisa nol dan bagaimana pembagian
bentuk aljabar yang sisanya bukan nol.
§ Menggali
informasi tentang cara penyederhaan bentuk aljabar, membentuk ekspresi
aljabar tertentu, atau menunjukkan/ membuktikan kesamaan antara bentuk
aljabar
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis
berbagai bentuk aljabar dari masalah sehari-hari
§ Menganalisis
penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dan membuat prosedur penjumlahan
dan pengurangan bentuk aljabar
§ Menganalisis
hasil kali dan hasil bagi bentuk aljabar
§ Menganalisis
bagaimana menyederhanakan bentuk aljabar dan bagaimana bentuk aljabar
dikatakan sederhana
§ Menganalisis
ketidaksamaan dua bentuk aljabar menggunakan contoh penyangkal
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai
pengenalan, penjumlahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian, serta
penyederhanaan bentuk aljabar
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
·
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai operasi aljabar
Pengetahuan:
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan operasi
aljabar
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan operasi
bentuk aljabar dalam keseharian
Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan operasi aljabar
Keterampilan:
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan bentuk aljabar dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
Melakukan
permainan mengenai tanggal lahir danmenentukan cara menebakk tanggal lahir
dengan tepat
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan operasi aljabar, lingkungan, alat peraga yang berkaitan
denga operasi aljabar
|
3.5
Menyajikan fungsi dalam
berbagai bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan
diagram
|
Fungsi
·
Memahami
ciri-ciri fungsi
·
Memahami
cara penyajian fungsi
|
Mengamati
§ Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi
§ Mencermati
beberapa relasi yang terjadi diantara dua himpunan
§ Mencermati
ciri-ciri suatu fungsi dari contoh yang diberikan
§ Mencermati
cara-caa penyajian fungsi yang biasa digunakan dalam matematika
Menanya
§ Menanya
tentang manfaat fungsi dalam kehidupan sehari-hari
§ Menanya
tentang ciri-ciri fungsi, bentuk fungsi, langkah menemukan fungsi, dan
penyajiannya dalam berbagai cara, serta penggunaan fungsi.
Mengumpulkan
informasi
§ Menggali informasi tentang contoh fungsi dan bukan fungsi
§ Menggali
informasi tentang pengertian relasi, fungsi, atau pemetaan
§ Mengidentifikasi
perbedaan dan persamaan tentang pengertian relasi, fungsi atau pemetaan
§ Menggali
informasi tentang suatu fungsi dengan notasi, nilai suatu fungsi, dan bentuk
fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
§ Menggali
informasi tentang pasangan berurutan dari data fungsi, tabel pasangan nilai
peubah dengan nilai fungsi, dan rumus fungsi dari data fungsi
§ Menggali
informasi tentang grafik fungsi pada koordinat cartesius
§ Menggali
informasi tentang penyelesaian masalah yang berkaitan dengan nilai fungsi
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis
penerapan matematika yang berkaitan dengan fungsi
§ Menganalisis
persamaan dan perbedaan relasi dan fungsi
§ Menganalisis
perbedaan relasi dan fungsi melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau
fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari
§ Menganalisis
unsur-unsur dalam membuat tabel, diagram, dan grafik dari suatu fungsi
Mengkomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai ciri-ciri
dan bentuk penyajian fungsi
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik relasi
dan fungsi
Pengetahuan
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan fungsi,
bentuk fungsi, dan penyajiannya
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan fungsi
dalam kehidupan sehari-hari
§ Tes
tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan fungsi
Keterampilan:
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan fungsi dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
Mencari
informasi ke warnet atau wartel dalam menentukan tarif per satuan waktu
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan fungsi, alat peraga, lingkungan
|
3.4 Menentukan persamaan
garis lurus dan grafiknya
|
Persamaan Garis Lurus
·
Memahami
Grafik Persamaan Garis lurus
·
Menentukan Kemiringan Persamaan
Garis Lurus
·
Menentukan Persamaan Garis
Lurus
|
Mengamati
§ Mencermati
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan garis lurus
§ Mencermati
cara menentukan titik yang dilalui persamaan garis lurus pada tabel dan cara
menggambar grafiknya
§ Mencermati
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kemiringan persamaan garis lurus
§ Mencermati
cara penyelesaian tentang kemiringan garis yang melalui dua titik
Menanya
§ Menanya
tentang permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan persamaan garis
lurus
§ Menanya
tentang syarat suatu persamaan apa supaya grafik yang disajikan berupa garis
lurus
§ Menanya
tentang persamaan garis lurus yang memotong sumbu-x dan sumbu-y di satu
titik
§ Menanya
tentang cara menentukan kemiringan garis lurus yang melalui dua titik
§ Menanya
tentang cara menentukan rumus kemiringan garis lurus yang melalui dua titik
§ Menanya
tentang kemiringan suatu garis yang sejajar dengan sumbu koordinat
§ Menanya
penyelesaian tentang kemiringan pada persamaan garis lurus
Mengumpulkan
informasi
§
Menggali menggali informasi tentang
penerapan persamaan garis lurus dalam masalah sehari-hari
§ Menggali
informasi tentang syarat suatu persamaan yang menghasilkan grafik garis lurus
yag tetapat di satu titik, yaitu titik (0, 0) melalui beberapa contoh yang
disajikan
§ Menggali
informasi tentang fungsi linear satu variabel ke bentuk persamaan garis lurus
dan menyajikannya ke dalam grafik garis lurus
§ Menggali
informasi tentang sifat-sifat berbagai persamaan garis lurus yang grafiknya
berpotongan tegal lurus dan tidak tegak lurus, serta yang sejajar
§ Menggali
informasi tentang ciri, sifat dan karakteristik dari gradien atau kemiringan
suatu persamaan garis lurus
§ Menggali
informasi gradien atau kemiringan garis lurus dalam berbagai bentuk
§ Menggali
informasi untuk persamaan garis lurus yang melalui dua titik
§ Menggali
informasi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan garis
lurus
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis
permasalahan sehari-hari berkaitan dengan persamaan garis lurus
§ Menganalisis
penentuan titik potong dua garis
§ Menganalisis
pengertian gradien atau kemiringan garis lurus berdasarkan gambar persamaan
garis lurus yang berbeda-beda
§ Menganalisis
unsur-unsur dalam menentukan persamaan garis lurus baik yang melalui satu
titik maupun dua titik
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai grafik
persamaan garis lurus, kemiringan
persamaan garis lurus, dan cara menentukan persamaan garis lurus
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai persamaan aris lurus
Pengetahuan:
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan
garis lurus
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang persamaan
garis
§ Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan menentukan persamaan garis
lurus
Keterampilan:
·
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan persamaan garis lurus dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
· Projek
Membuat grafik persamaan garus
lurus menggunakan komputer
|
15 JP
|
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan garis lurus, alat peraga, lingkungan
|
3.2 Menentukan nilai variabel
persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata
4.1
Membuat dan menyelesaikan
model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear
dua variabel
|
Persamaan Linear Dua Variabel
·
Membuat
Persamaan Linear Dua Variabel
·
Menentukan Selesaian Persamaan Linear
Dua Variabel
·
Membuat Model dari Sistem Persamaan
Linear Dua Variabel
·
Menyelesaikan Masalah yang
berkaitan dengan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
|
Mengamati
§ Mencermati
tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linear dua
variabel
§ Mencermati
cara membuat persamaan linear dua variabel dari masalah sehari-hari
§ Mencermati
contoh selesaian dan bukan selesaian permasalahan linear dua variabel dari
masalah sehari-hari
§ Mencermati
cara membuat persamaan linear dua variabel dari masalah sehari-hari
§ Mencermati
cara membuat model masalah dari sistem persamaan dua variabel
Menanya
§ Menanya
tentang permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan persamaan linear dua
variabel
§ Menanya
tentang hubungan persamaan linear dengan persamaan garis lurus
§ Menanya
tentang cara menentukan selesaian persamaan linear dua variabel
§ Menanya
tentang cara menyelesaikan dua buah persamaan dua variabel sehingga memiliki
satu selesaian
Mengumpulkan
informasi
§ Menggali
informasi tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan
linear dua variabel
§ Menggali
informasi tentang persamaan linear dua variabel tertentu
§ Menggali
informasi tentang perbedaan persamaan linear dua variabel dengan sistem
persamaan linear dua variabel
· Menggali
informasi tentang masalah berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram
· Menggali
informasi tentang algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika
yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah berkaitan dengan persamaan
linear dua variabel
· Menggali
informasi tentang metode penyelesaian masalah yang berkaitan berkaitan dengan
persamaan linear dua variabel
· Menggali
informasi tentang masalah sehari-hari
yang melibatkan sistem persamaan linear dua variabel dan pemecahan
masalahnya.
· Menggali
informasi tentang penyelesaian persamaan non linear dua variabel dengan
mengubah bentuk ke sistem persamaan linear dua variabel
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan bentuk persamaan linear dua
variabel
§ Menganalisis
perbedaan persamaan yang merupakan persamaan linear dua variabel dan yang
bukan
§ Menganalisis
perbedaan persamaan linear dua variabel dengan sistem persamaan linear dua
variabel
§ Menganalisis
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
dua variabel
Mengkomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai persamaan
persamaan linear dua variabel, menentukan selesaian persamaan linear dua
variabel, dan membuat model masalah dari sistem persamaan persamaan linear
dua variabel
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai persamaan linear dua variabel
Pengetahuan:
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan
linear dua variabel
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan
persamaan linear dua variabel
§ Tes
tertulis mengerjakan soal-soal persamaan linear dua variabel
Keterampilan:
§ Portofolio
Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan persamaan linear dua variabel dan penerapannya
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
§ Projek
Mengumpulkan data dari sebuah
kran air yang bocor per lima detik dan dari hasil pengamatan tersebut dibuat
makalah atau paper
|
20 JP
|
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan linear dua
variabel, alat peraga, lingkungan
|
3.10
Menggunakan koordinat
Cartesius dalam menjelaskan posisi relatif benda terhadap acuan tertentu
|
Sistem Koordinat
·
Memahami Posisi Titik terhadap Sumbu x
dan Sumbu y
·
Memahami Posisi Titik terhadap Titik
Asal (0, 0) dan Titik Tertentu (a, b)
·
Memahami Posisi Garis terhadap
Sumbu x dan Sumbu y
|
Mengamati
· Mencermati
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan sistem koordinat
· Mencermati
jarak titik-titik terhadap sumbu-x
dan sumbu-y dan hubungannnya dengan
koordinat titik-titik tersebut
· Mencermati
titik-titik yang memiliki jarak yang sama terhadap sumbu-x dan sumbu-y tetapi
memiliki koordinat yang berbeda, karena titik-titik tersebut berada pada
kuadran yang berbeda
· Mencermati
posisi titik terhadap titik asal (0, 0) dan titik tertentu (a, b)
· Mencermati
posisi garis yang sejajar, tegak lurus, dan berpotongan dengan sumbu-x dan sumbu-y
Menanya
· Menanya
tentang masalah sehari-hari yang berkaitan sistem koordinat dan jenis sistem
koordinat
· Menanya
tentang jarak titik-titik dari sumbu-x
dan sumbu-y
· Menanya
tentang koordinat suatu titik terhadap titik pusat) dan titik lainnya
· Menanya
tentang sejajar atau tidak, tegak lurus atau tidak, dan berpotongan atau
tidak suatu garis dengan sumbu-x
dan sumbu-y
Mengumpulkan
informasi
· Menggali
informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan sistem koordinat dan
jenis sistem koordinat
· Mengali
informasi yang berkaitan dengan koordinat titik pada bidang koordinat
kartesius yang berada pada empat kuadran
· Menggali
informasi perbedaan titik yang berada di masing-masing kuadran
· Menggali
informasi tentang konsep, sifat dan unsur-unsur yang membentuk sistem
koordinat Cartesius
· Menggali
informasi tentang kedudukan suatu titik dan bangun datar serta
menggambarkannya dalam sistem koordinat Cartesius
· Menggali informasi tentang denah/peta posisi dan
arah dari suatu benda atau letak suatu tempat, serta unsur atau komponen peta
yang lengkap dalam sistem koordinat
· Menggali informasi tentang denah/peta posisi dan
arah dari suatu benda dan letak suatu tempat pada sistem koordinat
· Menggali
informasi tentang posisi garis yang sejajar, tegak lurus, dan berpotongan
dengan sumbu-x dan sumbu-y
Menalar/Mengasosiasi
· Menganalisis
penerapan sistem koordinat dalam masalah sehari-hari
· Menganalisis
perbedaan koordinat titik-titik yang berada di sebelah kanan dan sebelah kiri
sumbu-y
· Menganalisis
perbedaan koordinat titik-titik yang berada di atas dan bawah sumbu-x
· Menganalisis
koordinat-titik-titik yang memiliki jarak yang sama dan tidak sama dengan
sumbu-x dan sumbu-y
· Menganalisis
koordinat suatu titik tertentu terhadap titik tertentu
· Menganalisis
garis yang melalui suatu titik, apakah sangat sejajar, tegak lurus, atau
berpotongan
· Menganalisis
bangun apa yang terbentuk titik-titik yang berada pada bidang kordinat
dihubungkan
· Menganalisis
letak suatu benda bersifat relatif apabila pusat koordinat digeser, dan
implementasinya dalam penerapan garis lintang dan garis bujur bumi
Mengkomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai posisi
titik terhadap sumbu-x dan sumbu-y, posisi titik terhadap titik asal
(0,0) dan titik tertentu (a, b), dan posisi garis terhadap sumbu-x dan sumbu-y
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
|
Sikap:
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai sistem koordinat
Pengetahuan:
Penugasan
§ Tugas
terstruktur mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan sistem
koordinat
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan sistem
koordinat dalam keseharian
§ Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan sistem koordinat
Keterampilan:
§ Portofolio
Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan sistem koordinat dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
§ Projek
Mencari peta suatu kota, lalu
membuat pertanyaan berkaitan dengan sistem koordinat
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan sistem koordinat, peta, alat
peraga lainnya, lingkungan
|
3.3 Menentukan nilai persamaan kuadrat dengan satu variabel yang
tidak diketahui
|
Persamaan Kuadrat
Persamaan Kuadrat
·
Menentukan
Akar Persamaan Kuadrat dengan Memfaktorkan
·
Menentukan Akar Persamaan
Kuadrat dengan
Melengkapkan Kuadrat Sempurna
|
Mengamati
§ Mencermati
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
§ Mencermati
bentuk umum dan cara memfaktorkan dari persamaan kuadrat
§ Mencermati
cara menentukan persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat sempurna
§ Mencermati
aplikasi persamaan kuadrat dalam masalah nyata
Menanya
§ Menanya
tentang pentingnya persamaan kuadrat dan apa kaitannya dengan permasalahan
sehari-hari
§ Menanya
tentang cara menentukan nilai dari persaman kuadrat
§ Menanya
tentang perbandingan dalam cara
memfaktorkan dan melengkapkan kuadrat sempurna
Mengumpulkan
informasi
§ Menggali
informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
§ Menggali
informasi tentang ciri, sifat dan karakteristik variabel, koefisien,
konstata, dan derajat dari suatu persamaan kuadrat
§ Menggali
informasi tentang strategi memfaktorkan berbagai bentuk persamaan kuadrat
§ Menggali
informasi tentang cara mennetukan persamaan kuadrat dengan rumus kuadratik
§ Menggali
informasi tentang diskriminan pada persamaan kuadrat
§ Menggali
informasi tentang bentuk suatu persamaan kuadrat berdasarkan kriteria
koefisien dan konstata yang dimiliki serta melakukan manipulasi aljabar
tertentu untuk menyederhanakan atau mengubah bentuk suatu ekspresi ke bentuk
persamaan kuadrat
· Menggali
informasi untuk menentukan solusi persamaan kuadrat atau besaran yang dicari
dari masalah, serta memberikan alasan kebenaran solusinya
· Menggali
informasi aplikasi persamaan kuadrat dalam masalah nyata
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis
penerapan persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari
§ Menganalisis
langkah-langkah menentukan persamaan kuadrat jika diketahui adalah akar-akar
persamaannya
§ Menganalisis
determinan dan selesaian akar persamaan kuadrat
§ Menganalisis
perbedaan persamaan kuadrat dan bentuk lainnya melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari
§ Menganalisis
unsur-unsur persamaan kuadrat berdasarkan kurvanya
Mengkomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai penentuan
akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan dan melengkapkan kuadrat sempurna,
serta penerapan persamaan kuadrat dalam masalah nyata
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
|
Sikap
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai persamaan kuadrat
Pengetahuan
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan
kuadrat
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan
persamaan kuadrat dalam keseharian
§ Tes
tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan persamaan kuadrat
Keterampilan:
§ Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan persamaan kuadrat kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
§ Projek
Menemukan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat, lalu
membuat soal dan solusi yang berkaitan dengan permasalahan tersebut
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan kuadrat, alat peraga, lingkungan
|
3.12 Memahami konsep
perbandingan dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
4.2
Menggunakan konsep
perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel,
grafik, dan persamaan
4.4
Menyelesaikan permasalahan
dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan
aritmetika
|
Perbandingan
·
Menerapkan
Perbandingan Senilai
·
Menerapkan Perbandingan
Berbalik Nilai
|
Mengamati
· Mencermati
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perbandingan
· Mencermati
contoh dan konsep perbandingan senilai
dalam kehidupan nyata seperti hubungan jarak tempuh dan pertamax yang
dibutuhkan
· Mencermati
contoh dan konsep perbandingan berbalik nilai dalam kehidupan nyata seperti
hubungan waktu dan kecepatan, banyak pekerja dan waktu penyelesaian, dan lain
sebagainya
Menanya
· Menanya
tentang perbandingan, skala, rasio, dan
pentingnya untuk memodelkan dan menyelesaikan masalah sehari-hari
· Menanya
tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai
· Menanya
tentang cara mengubah masalah sehari-hari ke model, denah atau peta, dan
sebaliknya
Mengumpulkan
informasi
· Menggali
informasi tentang bentuk perbandingan atau proporsi
· Menggali
informasi tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai
· Menggali
informasi suatu perbandingan ke dalam bentuk nilai perbandingan bulat paling
sederhana
· Menggali
informasi tentang nilai perbandingan/proporsi kuantitas benda dengan
kuantitas benda dalam suatu kumpulan benda
· Menggali
informasi tentang nilai perbandingan yang bersifat seharga/linear atau
berbalik nilai/tidak senlai dari dua besaran yang memiliki hubungan
fungsional dan disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan persamaan
· Menggali
informasi tentang nilai perbandingan, kuantitas benda tertentu, ataupun
kuantitas keseluruhan benda, termasuk penerapannya di bidang aritmetika
social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya berkaitan dengan
perbandingan
· Menggali
informasi tentang perbandingan dalam
menyelesaikan masalah matematika atau masalah sehari-hari
· Menggali
informasi tentang nilai suatu perbandingan berdasarkan tabel, grafik, dan
persamaan
· Menggali
informasi tentang besaran yang tidak diketahui berdasarkan tabel, grafik, dan
aritmatika
Menalar/Mengasosiasi
· Menganalisis
penerapan perbandingan dalam masalah nyata
· Menganalisis
pernyataan yang berkaitan dengan perbandingan senilai
· Menganalisis
sifat perbandingan (linear, tidak linear, seharga, tidak seharga menggunakan
contoh atau logika berpikir)
· Menganalisis
perbedaan perbandingan langsung dan tidak langsung melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari
· Menganalisis
sifat perbandingan berdasar perilaku grafiknya
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai
perbandingan senilai dan berbalik nilai
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan tambahan
informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai perbandingan
Pengetahuan
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan perbandingan
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan
perbandingan dalam keseharian
Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan perbandingan
Keterampilan
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan perbandingan dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
Menyelidiki
bagaimana tinggi bola dijatuhkan berkaitan dengan tinggi pantulan lalu dibuat
grafik, lakukan beberapa kali percobaan dan bandingkan hasilnya
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan perbandingan, alat peraga, lingkungan
|
3.8
Memahami Teorema
Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan
4.3
Menggunakan pola dan
generalisasi untuk menyelesaikan masalah nyata
4.5
Menggunakan Teorema
Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah
|
Teorema Pythagoras
·
Memahami
Teorema Pythagoras
·
Menemukan
Hubungan antar Panjang Sisi pada Segitiga Khusus
·
Menyelesaikan Permasalahan
Nyata dengan Pythagoras
|
Mengamati
§ Mencermati
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan teorema pythagoras
§ Mencermati
ilustrasi dalam pembuktian teorema pythagoras
§ Mencermati
hubungan antar panjang sisi siku-siku dan sisi miring pada segitiga siku-siku
§ Mencermati
penyelesaian masalah nyata dengan teorema pythagoras
Menanya
§ Menanya
tentang permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan teorema pythagoras
§ Menanya
tentang kelebihan dan manfaat penggunaan teorema Pythagoras dan pola bilangan,
bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam teorema Pythagoras dan
pola bilangan dan sebaliknya
§ Menanya
tentang hubungan sisi-sisi segitiga siku-siku dan teorema pythagoras
§ Menanya
tentang hubungan antar panjang sisi siku-siku
dan sisi miring pada segitiga siku-siku
Mengumpulkan
informasi
§ Menggali
informasi tentang bentuk, unsur, jenis, dan sifat segitiga siku-siku
§ Mengali
informasi tentang triple pythagoras yaitu segitiga siku-siku yang ketiga
sisinya adalah bilanga bulat
§ Menggali
informasi tentang sisi-sisi berbagai segitiga siku-siku untuk menemukan dan
menjelaskan teorema Pythagoras
§ Mengidentifikasi
teorema pythagoras berdasarkan pola-pola bilangan
§ Menggali
informasi tentang ciri, sifat dan karakteristik serta strategi untuk membentuk
pola bilangan yang memenuhi sifat triple Pythagoras
· Menggali
informasi yang berkaitan dengan masalah penerapan teorema Pythagoras dengan
merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram
· Menggali
informasi tentang algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika
yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah penerapan teorema
Pythagoras
· Menggali
informasi tentang metode penyelesaian masalah berkaitan dengan penerapan
teorema Pythagoras
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis
penerapan teorema Pythagoras dan pola bilangan pada masalah nyata
§ Menganalisis
syarat keberlakuan teorema Pythagoras dan pola bilangan menggunakan contoh
atau logika berpikir
§ Menganalisis sifat teorema Pythagoras berdasrkan
pola-pola bilangan
§ Menganalisis
hubungan antar panjang sisi pada segitiga khusus
§ Menganalisis
permasalahan nyata dengan teorema pythahoras
Mengomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pemahaman
teorema pythagoras, hubungan antar panjang sisi pada segitiga khusus, serta
penyelesaian masalah nyaa dengan teorema pythagoras
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai teorema pythagoras
Pengetahuan
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan teorema
pythagoras
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi sejarah teorema
pythagoras
Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan teorema pythagoras
Keterampilan
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan teorema pythagoras dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
Memperkirakan
tinggi suatu pohon atau gedung menggunakan teorem pthagoras
|
20 JP
|
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan teorema phytagoras,
penggaris, alat peragalainnya,
lingkungan
|
3.6 Memahami
unsur, keliling, dan luas dari lingkaran
Memahami
3.7
Menentukan hubungan sudut
pusat, panjang busur, dan luas juring
4.6
Menyelesaikan permasalahan
nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas
juring
|
Lingkaran
·
Mengidentifikasi
Unsur-unsur Lingkaran
·
Memahami
Hubungan antara Sudut Pusat dengan Sudut Keliling yang Menghadap
Busur Sama
·
Memahami Hubungan antara Sudut
Pusat dengan Panjang Busur dan Luas Juring
|
Mengamati
§
Mencermati masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan konsep lingkaran
§
Mencermati unsur-unsur lingkaran
(busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema, juring, tembereng, dan
sudut pusat)
§
Mencermati bentuk sudut pusat dan
sudut keliling yang menghadap busur yang sama
§
Mencermati proses ditemukannya rumus
keliling lingkaran
Menanya
§
Menanya tentang konsep dan bentuk
lingkaran yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misal untuk membuat roda, mempermudah gerak
benda, dsb
§
Menanya tentang kelebihan dan manfaat
benda bentuk lingkaran, bagaimana terampil melukis lingkaran dengan media
yang tersedia, dsb
§
Menanya tentang keterkaitan antar
unsur-unsur lingkaran
§
Menanya hubungan sudut pusat dan sudut
keliling
§
Menanya hubungan antar beberapa susut
keliling yang menghadap sudut pusat yang sama
§
Menanya tentang hubungan antara sudut
pusat dengan panjang busur dan luas juring
Mengumpulkan
Informasi
§
Menggali informasi tentang masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan lingkaran, seperti nilai estetika dan
fungsi berbagai benda berbentuk lingkaran atau memiliki permukaan lingkaran
§
Menggali informasi tentang unsur-unsur
lingkaran (busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema, juring,
tembereng, dan sudut pusat)
§
Menggali informasi tentang nilai rasio
atau perbandingan keliling dengan diameter sebagai π dengan nilai kira-kira
3.14
§
Menggali informasi tentang jari-jari,
diameter, keliling, luas ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan masalah lingkaran
§
Menggali informasi tentang daerah
juring lingkaran dengan sudut pusat tertentu
§
Menggali informasi tentang besar sudut
pusat, panjang busur dan luas juring adalah senilai/seharga/sebanding/linear
menggunakan sudut, panjang busur dan luas juring
§
Menggali informasi tentang hubungan
antar beberapa susut keliling yang menghadap sudut pusat yang sama
§
Menggali informasi untuk merumuskan
model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan
masalah sudut pusat, busur dan juring, serta syarat keberlakuan modelnya
§
Menggali informasi tentang algoritma
atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam
menyelesaikan model dari masalah sudut pusat, busur dan juring
§
Menggali informasi tentang metode
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, busur, dan juring
§
Menggali informasi tentang sudut pusat
dan sudut keliling lingkaran
§
Menggali informasi tentang tahapan dan
prosedur penyelesaian masalah sudut pusat, busur dan juring
§
Menggali informasi untuk menghitung
keliling dan luas lingkaran
§
Menggali informasi tentang garis
singgung pada satu titik pada dan di luar lingkaran
§
Menggali informasi tentang panjang
garis singgung lingkaran dari satu titik di luar lingkaran
§
Menggali informasi tentang panjang
garis singgung persekutuan dalam dan luar lingkaran
§
Melukis lingkaran dalam segitiga
§
Menggali informasi tentang Melukis
lingkaran luar segitiga
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis
penerapan konsep lingkaran dalam masalah nyata
§
Menganalisis hubungan antara
unsur-unsur lingkaran (busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema,
juring, tembereng, dan sudut pusat)
§ Menganalisis
sudut pusat dan sudut keliling
§ Menganalisis
panjang busur dan luas juring
§ Menganalisis
rumus keliling dan luas lingkaran berdasarkan hasil pengamatan atau percobaan
Mengkomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai
unsur-unsur lingkaran, hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling yang
menghadap busur sama, dan hubungan antara sudut pusat dengan panjang busur
dan luas juring
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan
dan alasan, memberikan tambahan
informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai lingkaran
Pengetahuan
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan lingkaran
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan lingkaran
Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan lingkaran
Keterampilan
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan lingkaran dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
Memotong
lingkaran dengan potongan juring yang sama untuk menemukan luas lingkaran
dengan pendekatan bangun datar lain
|
25 JP
|
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan limngkaran, alat peraga, lingkungan
|
3.9
Menentukan luas permukaan dan
volume kubus, balok, prisma, dan limas
3.11
Menaksir dan menghitung
luas permukaan dan volume bangun ruang yang tidak beraturan dengan
menerapkan geometri dasarnya
|
Bangun Ruang Sisi Datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
·
Menentukan
Luas Permukaan Kubus dan Balok
·
Menentukan
Luas Permukaan Prisma
·
Menentukan
Luas Permukaan Limas
·
Menetapkan
volume kubus dan balok
·
Menetapkan
volume prisma
·
Menetapkan
volume limas
·
Menaksir Luas Permukaan dan
Volume Bangun Ruang Sisi Datar
tidak
Beraturan
|
Mengamati
§ Mencermati
bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) yang ada kaitannya
dengan kehidupan nyata
§ Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar
(kubus, balok, prisma, dan limas)
§ Mencermati
kerangka dan jaring-jaring bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan
limas)
Menanya
§ Menanya
tentang bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) yang ada
dalam kehidupan nyata
§ Menanya
tentang luas dan volume berbagai benda
di sekitar melalui percobaan yang berbentuk kubus, balok, prisma, dan limas
§ Menanya
tentang berbagai aspek luas dan
volume, misal: apa kelebihan dan manfaat pengetahuan dan penggunaan masalah
luas dan volume pada bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan
limas)
§ Menanya
tentang penerapan luas dan volume untuk bangun ruang yang tidak beraturan
Mengumpulkan
Informasi
§ Menggali
informasi tentang bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
yang ada dalam kehidupan nyata
§ Menggali
informasi tentang model kerangka serta jaring-jaring bangun ruang sisi datar
(kubus, balok, prisma, dan limas)
§ Menggali
informasi tentang unsur-unsur bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma,
dan limas)
§
Menggali informasi tentang luas
permukaan serta volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan
limas)
§
Menggali informasi tentang luas,
volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar
(kubus, balok, prisma, dan limas) dan bangun datar tidak beraturan
§ Menggali
informasi tentang sketsa bangun ruang beraturan atau bangun geometri dasar
yang memiliki kesamaan atau kemiripan ukuran dengan bangun ruang tidak
beraturan
§ Menggali
informasi tentang menaksir luas dan volume bangun ruang tidak beraturan
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan luas dan volume bangun ruang sisi
datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
§ Menganalisis
konsep dan rumus luas dan volume bangun datar dan bangun ruang sederhana
serta menaksir bangun-bangun tidak beraturan melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari
§ Menganalisis
unsur-unsur rumus luas dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok,
prisma, dan limas) serta perilaku hubungan fungsionalnya
Mengkomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai luas
permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas, serta menaksir luas
permukaan dan volume bangun ruang sisi datar tidak beraturan
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai
bangun ruang sisi datar
Pengetahuan
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bangun ruang
sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan
limas) dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
Keterampilan
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok,
prisma, dan limas) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Projek
Membuat
bangun ruang
sisi datar
(kubus, balok, prisma, dan limas) dari
bahan kardus, atau kartos, atau bahan bekas lainnya
|
25 JP
|
Buku
teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan
bangun ruang sisi datar, alat peraga,
benda di lingkungan
Kubus,
balok
|
3.14 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan
tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis dengan komputer
serta menganalisis hubungan antar variabel
4.7
Mengumpulkan, mengolah,
menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel,
diagram, dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar
variabel
|
Penyajian Data:
Diagram batang
Diagram lingkaran
Grafik
·
Menyajikan
Data dalam Bentuk Diagram Batang
·
Menyajikan
Data dalam Bentuk Diagram Garis
·
Menyajikan Data dalam Bentuk
Diagram Lingkaran
|
Mengamati
§ Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penyajian data
§ Mencermati
penyajian data dalam bentuk diagram tabel, batang, dan diagram lingkaran
Menanya
§ Menanya
tentang penyajian data yang ada dalam kehidupan sehari-hari
§ Menanya
tentang cara mengumpulkan, mengolah, menginterprestasi, dan menyajikan data
dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran secara
manual ataupun dengan komputer
§ Menanya
tentang strategi dan pemanfaatan data dalam permasalahan sehari-hari dalam
rangka pengambilan keputusan
§ Menanya
dalam bentuk apakah penyajian data paling sesuai dengan konteks masalah.
Apakah dalam bentuk diagram batang, diagram baris, atau diagram lingkaran
Mengumpulkan
Informasi
§ Menggali
informasi tentang penyajian data dengan menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan garis
lurus
§ Menggali
informasi tentang penafsiran data
§ Menggali
informasi tentang jenis data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif
§ Menggali
informasi tentang penataan data sebagai cara untuk menyajikan informasi agar
mudah dipahami karakteristik datanya dalam bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi, distribusi
frekuensi), grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis, secara manual
dan dengan bantuan komputer
§ Menggali
informasi tentang hubungan antar variabel pada data yang bersifat korelatif,
regresi/hubungan fungsional, dan trend/deret waktu
§ Menggali
informasi tentang penyajian data bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi), grafik batang,
diagram lingkaran, grafik garis, hubungan antar variabel atau unsur lainnya
secara manual dan dengan bantuan komputer berkaitan dengan penataan
data
§ Menggali
informasi untuk merancang dan menyusun alat pengumpul data yang dapat berupa
panduan wawancara, alat ukur atau pencacah, formulir isian/kuesioner, dsb
§ Menggali
informasi tentang interpretasi secara sederhana sajian data menggunakan
statistik tertentu (misal: ukuran tendensi sentral atau pemusatannya, tingkat
dispersi atau persebaran data, ataupun ukuran lainnya), estimasi/prediksi
untuk masa mendatang, serta tingkat
hubungan antar variabel pada datanya
§ Menggali
informasi tentang alternative pengambilan keputusan berdasar hasil analisis
data yang telah dilakukan, serta mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi
dari keputusan yang dipilih dan opsi atau pilihan penyelesaiannya
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis tentang penyajian data dengan
menggunakan tabel, grafik batang,
diagram lingkaran, dan garis lurus
§ Menganalisis tentang penafsiran data
§ Menganalisis tentang jenis data yang
bersifat kualitatif dan kuantitatif
§ Menganalisis tentang cara mengumpulkan,
mengolah, menginterprestasi, dan menyajikan data dalam bentuk diagram batang,
diagram garis, dan diagram lingkaran secara manual ataupun dengan komputer
Mengkomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai penyajian
data dalam bentuk diagram batang, garis, dan lingkaran
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai penyajian data
Pengetahuan
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan penyajian
dan pengolahan data
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: melakukan pendataan kemudian menyajikan dan
mengolahnya
§ Tes
tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan penyajian dan pengolahan data
Keterampilan:
§ Portofolio
Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan penyajian, pengolahan data dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
§ Projek
Mengumpulkan data tentang
makanan dan minuman, lalu menyajikan dalam bentuk diagram garis, batang, atau
lingkaran disertai interprestasinya
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan penyajian data, komputer, penggarais, alat peraga lainnya,
lingkungan
|
3.13 Menemukan peluang empirik dan teoritik dari data luaran (output) yang mungkin
diperoleh berdasarkan sekelompok data
4.8 Melakukan percobaan
untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta membandingkannya
dengan peluang teoritik
|
Peluang empirik
Peluang teoritik
·
Memahami
Peluang Teoretik
·
Membandingkan Peluang Empirik
dengan Peluang Teoretik
|
Mengamati
§ Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan peluang teoritik dan peluang
empirik
§ Mencermati
kejadian dari suatu eksperimen dengan menggunakan koin dan dadu dalam rangka
memahami peluang teoritik dan peluang empirik
Menanya
§ Menanya
tentang kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan peluang empirik dan
peluang teoritik
§ Menanya
tentang hubungan antara peluang teoritik dengan peluang empirik
§ Menanya
tentang perbedaan antara peluang teoritik dengan peluang empirik
Mengumpulkan
Informasi
§ Menggali
informasi tentang permasalahan nyata yang berkaitan dengan peluang teoritik
dan peluang empirik
§ Menggali
informasi tentang cara menentukan ruang sampel
§ Menggali
informasi tentang sifat, kriteria dan karakteristik kejadian acak atau
random, independen, atau bersyarat serta berbagai faktor yang menyebabkan
kejadian bersifat tidak acak atau tidak independen
§ Menggali
informasi tentang peluang empirik dan peluang teoritik melalui eksperimen
(bisa dengan menggunakan koin atau dadu)
§ Menggali
informasi tentang hubungan peluang empirik dan peluang teoritik
§ Menggaliinformasi
tentang peluang kejadian acak, peluang kejadian yang dipengaruhi
faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi yang serupa atau intuisi
tertentu, ataupun unsur lainnya berkaitan dengan peluang
Menalar/Mengasosiasi
§ Menganalisis
tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan peluang teoritik dan
peluang empirik
§ Menganalisis
tentang ruang sampel dari beberapa eksperimen
§ Menganalisis
banyaknya titik sampel pada suatu kejadian
§ Menganalisis
tentang sifat, kriteria dan karakteristik kejadian acak atau random,
independen, atau bersyarat serta berbagai faktor yang menyebabkan kejadian
bersifat tidak acak atau tidak independen
§ Menganalisis
tentang peluang empirik dan peluang teoritik melalui suatu eksperimen
§ Menganalisis
hubungan peluang empirik dengan peluang teoritik
§ Menganalisis tentang sifat, kriteria dan karakteristik
kejadian acak atau random, serta berbagai faktor yang menyebabkan kejadian
bersifat acak menjadi tidak acak.
§ Menganalisis
tentang peluang kejadian acak, peluang kejadian yang dipengaruhi
faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi yang serupa atau intuisi
tertentu, ataupun unsur lainnya berkaitan dengan peluang
Mengkomunikasikan
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai peluang
teoritik dan perbandingan peluang teoritik dengan peluang empirik
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan
dan alasan, memberikan tambahan
informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§ Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai peluang empirik dan peluang teoritik
Pengetahuan:
Penugasan
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan peluang
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi manfaat peluang
§ Tes
tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan peluang empirik dan teoritik
Keterampilan:
§ Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan peluang dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
§ Projek
Mengamati
kejadian di lingkungan sekitar yang berhubungan dengan peluang, lalu membuat
aturan yang berhubungan dengan penamatan tersebut
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan peluang, dadu, koin, kartu, alat peraga lainnya,
lingkungan
|
Mengetahui , Cirebon, November 2016
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
.................................. ....................................
NIP .......................... NIP ............................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar